Thursday, March 19, 2020

Fix error "the requested URL not found on this server" pada Linux Server

Fix error "the requested URL not found on this server" pada Linux Server

Ketika pertama kali menjadikan Linux dan Apache sebagai web server biasanya kita akan menjumpai error, yaitu "the requested url not found on this server".
Hal ini saya alami ketika menjalankan aplikasi untuk pertama kalinya. Sebelumnya saya menggunakan LAMPP sebagai web server, akan tetapi karena cukup merepotkan akhirnya saya menggunakan Apache sebagai pengganti LAMPP.
Saya menggunakan Linux (dengan Apache) langsung sebagai web server karena web server tersebut otomatis menyala ketika Linux dinyalakan. Jadi tidak perlu menyalakan web servernya secara manual seperti saat menggunakan LAMPP.
Setelah mencari di Stackoverflow, akhirnya saya menemukan solusi mengatasi masalah ini. Dan karena saya rasa informasi tersebut bermanfaat, maka saya sampaikan pada postingan ini.
Berikut cara mengatasi masalah error not found pada Apache Linux:
  • Buka terminal lalu masuk sebagai user root dengan perintah:
sudo su
  • Kamu akan diminta memasukkan password, silakan isi passwordmu.
  • Langkah berikutnya edit file apache2.conf (konfigurasi Apache2). Ketikkan perintah di bawah ini lalu tekan enter.
sudoedit /etc/apache2/apache2.conf
  • Setelah itu akan muncul isi file konfigurasi apache2.conf pada terminal. Cari tulisan ini:
<Directory /var/www/>
   Options Indexes FollowSymLinks
   AllowOverride none
   Require all granted
</Directory>
  • Ganti AllowOverride none dengan AllowOverride All sehingga menjadi seperti ini:
<Directory /var/www/>
   Options Indexes FollowSymLinks
   AllowOverride All
   Require all granted
</Directory>
  • Lalu simpan dengan cara menekan CTRL + X. Kemudian akan muncul konfirmasi, pilih yes dengan menekan CTRL + Y.
  • Tahap berikutnya adalah merestart Apache.
sudo systemctl restart apache2.service
  • Selesai.
Setelah melakukan langkah-langkah di atas, tahap selanjutnya adalah mengaktifkan modul mod_rewrite pada Apache.
Berikut cara untuk mengaktifkan mod_rewrite pada Apache:
  • Ketikkan perintah berikut pada terminal:
sudo a2enmod rewrite
  • Selanjutnya restart Apache dengan perintah berikut:
sudo systemctl restart apache2.service
Silakan refresh browser dan lihat apakah ada error atau tidak. Jika tidak ada error dan URL bisa diakses dengan normal berarti kita sudah berhasil.

Featured Post

Cara Pakai IDM Portable

 Baiklah lama admin ga menulis. Kebetulan ada request di channel youtube saya. Jadi sekalian saya tulis diblog saya ini. Buat kamu yang terk...