Wednesday, February 20, 2019

Pengertian dan perbandingan NVME, SSD, SSHD, dan HDD


1. Pengertian NVME


NVMe merupakan singkatan dari Non – Volatile Memory Express. Singkatnya, NVMe adalah interface logical baru untuk SSD, yang merupakan pengembangan dari Standar AHCI yang banyak digunakan oleh SSD sebelumnya. Bahkan, dikutip dari Intel Indonesia, NVMe adalah teknologi terbaru dalam dunia storage yang menggunakan utilitas PCIe 3.0 layaknya sebuah kartu grafis.
Perbedaan paling mencolok jelas terlihat pada pemrosesan jumlah antrian perintah (command). Jika dalam 1 antrian SSD biasa hanya mampu menampung 32 perintah dalam 1 antrian. Maka NVMe, mampu membuat 64ribu antrian yangmana di dalamnya terdapat 64ribu perintah per antriannya. Tentu, jauh lebih banyak dibandingkan SSD dengan teknologi AHCI sebelumnya.

2. Pengertian SSD



 Solid State Drive (SSD) merupakan inovasi terkini dan terbaru dari media penyimpanan data. SSD menggunakan jenis memory solid state untuk penyimpanan datanya. SSD dapat dikatakan juga sebuah media penyimpanan data yang menggunakan nonvolatile memory sebagai media dan tidak menggunakan cakram magnetis seperti cakram keras konvensional. Berbeda dengan volatile memory (pada RAM), data yang telah tersimpan di SSD tidak akan hilang meskipun daya listrik tidak ada.

3. Pengertian SSHD



Solid State Hybrid Drives (SSHD) adalah sebuah memori penyimpanan internal komputer jenis baru yang telah berhasil menggabungkan antara dua penyimpanan, yaitu HDD dan SSD dalam satu perangkat. Penggabungan dua jenis tersebut membuat SSHD menghadirkan keunggulan yang luar biasa. 

Pasalnya, transfer data SSHD juga menjadi lebih cepat sama halnya dengan SSD dan kapasitas menyimpanannya juga besar dan hal tersebut tentunya mengikuti jejak dari HDD. Kecepatan transfer data dan besarnya kapasitas yang disuguhkan oleh SSHD membuat memori keluaran terbaru ini menjadi lebih efisien daripada SSD maupun HDD.


4. Pengertian HDD



Hard Disk Drive (HDD, juga sering disebut Hard Disk, Hard Drive atau Fixed Disk). Hard Disk
Drive adalah perangkat penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil informasi digital menggunakan disk (cakram) yang dilapisi dengan bahan magnetik




Nonton video perbandingan kecepatannya dibawah ini:


Jangan lupa Like Share dan Subscribe yah.

Support Galileo Junior dengan Subscribe channel Youtubenya.
Klik tombol dibawah ini



sumber : 
https://www.jagoanhosting.com/pengertian-nvme-dan-keunggulannya/ 
https://www.gudangilmukomputer.com/2015/10/pengertian-dan-fungsi-solid-state-drive-ssd.html 
https://www.indoworx.com/apa-itu-sshd/
https://www.jejakwaktu.com/hard-disk-drive/

Featured Post

Cara Pakai IDM Portable

 Baiklah lama admin ga menulis. Kebetulan ada request di channel youtube saya. Jadi sekalian saya tulis diblog saya ini. Buat kamu yang terk...